One Day Amazing Adventures In Kuala Lumpur, Malaysia

Hi travellers !!

Pernah denger ada quotes yang bilang :

"Travel as much as you can, as far as you can, as long as you can. Life`s not meant to be lived in one place."

Well, emang kali ini travelling saya ga begitu jauh tapi juga ga begitu dekat. But for the first time i had a lot of troubles, experiences, memories in one time. Just enjoyed the moment and make it valuable someday.

Jadi ceritanya bermula dari saya dapet tiket pesawat Air Asia dengan harga murah. Saya membeli tiket seharga Rp. 2.000.000,- dari Kuala Lumpur - Japan (Kansai) - Kuala Lumpur. Dengan harga yang murah itu buru - buru deh saya booked tiket dengan segala persiapannya. Saking ngebetnya ke Jepang saya baru inget loh kan berangkatnya dari Kuala Lumpur, then akhirnya saya beli lagi tiket Jakarta - Kuala Lumpur - Jakarta dengan total sekitar Rp. 900.000.

Tapi di pikir - pikir sayang juga yah kalau ke Kuala Lumpur hanya untuk transit saja. Jadinya saya memutuskan untuk membeli tiket Jakarta - Kuala Lumpur satu hari sebelum keberangkatan saya ke Jepang. Yes, at least saya bisa jalan - jalan sebentar di Kuala Lumpur.

Tetapi karena saya tipe orang yang in a rush dan ceroboh saya sempat membeli tiket Jakarta - Kuala Lumpur 2x. Saya pikir saya membeli tiket pulang pergi tapi ternyata saya membeli tiket yang sama :(. Well, just forget it, it was only small trouble. I had another trouble again. Lol !!

Saya berangkat dari Jakarta ke Kuala Lumpur pada tanggal 25 Oktober 2015. Sesampainya di Kuala Lumpur, seorang teman lama saya datang menjemput karena dia takut juga kalau saya kesasar di negeri orang. Mungkin semua teman saya tahu kalau saya anaknya agak sedikit manja dan teledor jadi beberapa dari mereka sering mengkhawatirkan saya.

Setelah bertegur sapa dan kangen - kangenan, akhirnya kita memutuskan untuk pergi ke Batu Caves yaitu salah satu kuil Hindu terpopuler di Malaysia. Jaraknya lumayan agak jauh dari bandara Kuala Lumpur ke Batu Caves, tapi sorry banget saya ga bisa kasih advice mengenai transportasi menuju kesana karena saya pergi menggunakan mobil teman saya.

Sesampainya di Batu Caves, karena saya baru pertama kali kesini. Saya sangat takjub melihat kebesaran patung yang katanya Dewa Murugan yaitu simbol dari dewa perang.

Nah di belakang patung Dewa Murugan ada banyak anak tangga yang katanya lagi ada sekitar 272 anak tangga yang cukup curam. Filosofi kenapa ada 272 anak tangga juga saya  kurang tahu. Tapi ada yang bilang  untuk menuju kuil atau bertemu dengan dewa - dewa diperlukan usaha, kadang ada umat Hindu yang mendaki anak tangga tersebut sambil bersujud. Itu menandakan pengorbana kepada dewa - dewa mereka.

Sebelum menaiki tangga tersebut kamu di haruskan memakai kain yang disediakan di bawah anak tangga. Utuk memakai kain tersebut kamu hanya perlu membayar 5 ringgit yang nantinya akan di kembalikan setelah kamu mengembalikan kain tersebut.

Menaiki anak tangga tersebut cukup melelahkan. Saya harus berhenti di beberapa titik untuk menarik nafas. Tetapi yang membuat Batu Caves ini tambah menarik adalah di sekitar anak tangga terdapat banyak monyet liar yang berlari kesana kemari dan melompat - lompat dari satu pohon ke pohon yang lain. Mereka juga tidak segan untuk mengambil makanan dan minuman kamu. Jadi kamu harus waspada ya ! Haha.. Karena monyet - monyet ini lah tak terasa saya akhirnya sampai di puncak.

Di atas anak tangga terdapat beberapa gua. Di dalam gua tersebut terdapat kuil dan patung dewa - dewa Hindu dan ternyata kuil ini juga sering dijadikan sebagai tempat perayaan atau ritual agama mereka. Kamu juga bisa melihat masyarakat Hindu yang sedang beribadah di dalam caves tersebut dan ternyata kalau kamu ingin lebih mengeksplore lagi caves itu terdapat paket tour tersendiri. Kamu nantinya akan memakai helm yang memiliki pencahayaan dan mengikuti tour masuk ke dalam cave. Tetapi saya tidak mengikuti tour tersebut karena tour tersebut membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Untuk travelling di Kuala Lumpur ini saya tidak memiliki banyak waktu. Mungkin lain kali bisa di coba yaa.
Inside the caves

Nah setelah puas explore ke Batu Caves saya menuju hotel untuk mandi dan bersiap menuju tempat selanjutnya. Kebetulan hotel saya berada di daerah Chinatown yang tidak jauh dari Bukit Bintang dan KLCC which is disana ada twin tower. Di sekitar daerah Chinatown kamu bisa mendapatkan beberapa oleh - oleh seperti kaos, tas ataupun parfume dengan harga yang murah. Tapi saya juga tidak bisa menjamin kualitasnya ya :))

Setelah mandi dan berdandan cantik. Saya menuju daerah Bukit Bintang. Disana banyak tempat perbelanjaan, untuk kamu yang doyan banget belanja. Di sekitar daerah Bukit Bintang ada pedagang Turkey Ice Cream yang sering ngerjain pembelinya. Saya juga ikutan membeli ice cream ini karena unik, lucu dan rasa ice creamnya juga enak. Boleh liat di video di bawah ini untuk keunikan ice creamnya..

Setelah itu saya menuju suatu mall yang disebut Pavilion, di depan mall ini banyak makanan khas Melayu, Western Food, dan cemal cemil lainnya. Di depan mall ini terdapat air mancur cawan. Banyak turis juga yang foto di depan air mancur ini. Nah ternyata cawan itu adalah sebagai simbol bahwa Malaysia adalah negara multiracial culture yang hidup saling berdampingan dalam harmonisasi dan air yang ada di air mancur itu menandakan bahwa adanya berkat dan kemakmuran yang terus menerus sedangkan crystal menandakan kejayaan dari Malaysia. Filosofi yang indah ya ternyata.

Setelah asyik di Pavilion saya menuju KLCC yang pastinya setiap turis datang ke Malaysia wajib banget untuk foto di depan Twin Tower. Saya pun tidak mau kalah untuk take a picture di menara kebanggan Malaysia ini.

Persis di depan KLCC tower terdapat pertunjukan air mancur yang indah dan warna warni setiap setengah jam sekali. Kamu bisa menikmati indahnya air mancur ini dengan duduk di tangga depan Twin Tower. Cukup menyenangkan melihat pertunjukan tersebut sambil melepaskan rasa letih setelah jalan - jalan seharian.

Nah itu dia pengalaman saya selama satu hari di Kuala Lumpur. Ada lagi pengalaman selanjutnya di blog saya yang lain.
Thank you for reading ya guys!!
Kamu juga bisa berbagi pengalaman dengan saya :)